Perubahan tubuh banyak terjadi saat puasa, salah satunya kadar gula darah. Kadar gula darah turun saat puasa sebenarnya dialami oleh semua orang. Hanya saja, jika terjadi pada penderita diabetes akan menjadi masalah yang besar. Oleh karena itu, jika penderita diabetes memutuskan untuk berpuasa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Nah, berikut tips berpuasa untuk penderita diabetes.

Melakukan Konsultasi Dengan Dokter
Sebelum menjalankan puasa, para penderita diabetes sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter. Dengan melakukan konsultasi anda dapat tahu apakah kondisi anda memungkinkan untuk ikut berpuasa atau tidak. Setidaknya anda melakukan konsultasi pada dokter sebulan sebelum menjalankan ibadah puasa. Jika kondisi anda memenuhi syarat untuk ikut berpuasa, maka anda dapat melakukannya namun tetap harus dengan saran dari dokter. Sedangkan jika kondisi anda tidak memungkinkan, maka sebaiknya anda tidak ikut berpuasa untuk mencegah masalah kesehatan yang semakin buruk.

Menjaga Pola Makan yang Tepat
Bagi penderita diabetes memperhatikan pola makan harus dilakukan. Penderita diabetes sebaiknya membatasi konsumsi gula ketika sedang berbuka puasa atau sahur. Kadar gula yang berlebih yang dikonsumsi ketika buka puasa atau sahur akan dapat menyebabkan hiperglikemia. Selain itu, para penderita diabetes sebaiknya menghindari konsumsi gorengan, makanan siap saji, dan tentunya harus mematuhi asupan kalori yang disarankan.

Pola Makan Saat Sahur
Jangan pernah melewatkan makan sahur. Sama seperti sarapan, makan sahur penting dilakukan. Dengan makan sahur kita akan mendapatkan energi untuk melakukan aktivitas di siang hari. Sahur menjadi kesempatan untuk anda dalam memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh saat puasa. Saat sahur, menu makan yang anda konsumsi tentunya harus diperhatikan. Anda sebaiknya membuat makanan yang mengandung karbohidrat, lemak dan protein yang seimbang supaya proses pencernaan dapat terbantu, serta dapat mengenyangkan.

sumber : bidanku.com

2019-05-28T07:12:00+00:00
Avada WordPress Theme