Anak Tidak Suka Makan Sayur? Mungkin Ini Penyebabnya

Anak tidak suka makan sayur membuat Bunda sedih gak sih? Kebahagiaan seorang Bunda itu sederhana. Melihat anak makan sayur dengan lahap misalnya.

Sayangnya, tidak semua anak sesuai dengan harapan, kebanyakan anak akan pilih-piih makanan yang hanya dia sukai. Makanan yang sering dihindari Si Kecil biasanya sayur. Ya, rasanya jarang sekali ada anak yang menyukai sayur, kalaupun ada, hanya jenis sayur tertentu saja yang ia sukai.

Padahal sayur memiliki manfaat untuk tumbuh kembang Si Kecil karena vitamin dan mineral banyak terkandung dalam sayur. Oleh karenanya, sangat penting bagi Si Kecil untuk mengonsumsi makanan satu ini.

Nah, tapi, perlu Bunda tahu juga alasan atau penyebab Si Kecil tidak suka makan sayur apa. Karena bisa jadi, ketidaksukaannya pada sayur disebabkan oleh beberapa hal seperti berikut ini:

Tidak diperkenalkan sejak dini
Pernah dengar istilah bisa karena biasa? Sama halya dengan mengonsumsi sayuran. Anak harus dibiasakan sedini mungkin mengonsumsi sayur.

Rasa
Rasa sayur memang berbeda dengan makanan lain, tidak manis, tidak gurih, cenderung hambar bahkan pahit. Namun, rasa sayur yang unik ini bisa diterima Si Kecil jika dibiasakan sejak dini.

Suasana makan
Anak yang tidak suka makan sayur, bisa jadi disebabkan oleh suasana makan yang memang tidak menarik seperti adanya pemaksaan agar anak makan. Hal ini bisa membuat anak berpikir bahwa aktivitas makan merupakan suatu beban bukan suatu hal yang menyenangkan.

Tidak dicontohkan
Bagaimana mungkin Si Kecil akan suka sayur jika Bunda atau Ayah sendiri tidak menyukainya juga? Si Kecil belajar dari meniru orang-orang yang ada disekitarnya terutama orang tua. Jadi, jika ingin Si Kecil suka makan sayur, yuk mulai dari sekarang Bunda dan Ayah jadi contoh yang nyata baginya.

2019-03-29T07:14:50+00:00
Avada WordPress Theme