Mengenal Vitamin Larut Air Yang Dibutuhkan Si Kecil

Vitamin sebagai salah satu zat gizi mikro, walau dibutuhhkan dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan zat gizi makro seperti karbohidrat, protein dan lemak, namun kebutuhannya harus tercukupi dengan baik lho, bun. Kekurangan vitamin bisa berdampak cukup serius karena berpengaruh pada tumbuh kembang dan kesehatan anak.

Vitamin ikut berperan juga dalam proses metabolisme tubuh. Sebagian besar vitamin tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Oleh karenanya, tubuh membutuhkan sumber lain untuk mendapatkan vitamin, yaitu dari makanan.

Salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh khususnya Si Kecil adalah vitamin larut air. Vitamin larut air ini dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit. Nah, apabila asupan vitamin larut air dalam jumlah yang besar padahal yang dibutuhkan tubuh hanya sedikit, maka sisanya akan dibuang melalui urin. Terdapat dua vitamin yang termasuk kategori vitamin larut air yaitu vitamin B dan C.

Vitamin B

Vitamin B terbagi menjadi beberapa macam. Ada vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Vitamin-vitamin tersebut dikenal sebagai vitamin B Kompleks. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan gangguan fungsi fisiologis tubuh. Sumber vitamin B kompleks yang bisa Bunda berikan pada Si Kecil yaitu, padi-padian, sayuran hijau, daging merah, hati dan lain sebagainya.

Vitamin C

Selain vitamin B kompleks, vitamin C yang juga larut dalam air, diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan jaringan, membantu proses penyembuhan luka dan membantu proses penyerapan zat besi dalam tubuh. Sumber vitamin C terdapat pada buah-buahan seperti jeruk, stroberi, melon dan lainnya serta sayuran seperti brokoli, wortel, kol dan sebagainya.

Perlu Bunda tahu, proses pemasakan yang terlalu lama akan membuat vitamin ini mudah hilang, apalagi proses pemasakan yang menggunakan air.

Baca Juga: Tidak Hanya Bermanfaat Untuk Mata, Ini Manfaat Lain Konsumsi Wortel!

2019-03-29T07:18:00+00:00
Avada WordPress Theme