Ajarkan Anak Bertanggung Jawab untuk Menghindari dari Pergaulan Bebas dan Narkoba

Mendengar kata narkoba sudah jelas merupakan barang yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan dapat seseorang meninggal dunia bila disalahgunakan. Bagi para orang tua pasti khawatir anaknya kelak takut salah memilih pergaulan. Maka dari itu, anak sudah harus di didik mengenai tanggung jawab, mana yang salah dan benar, mana yang baik dan mana yang buruk.

Lalu, sejak usia berapa anak diajarkan mengenai bahaya Narkoba?

Menurut  Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat BNN Jatim AKBP Debora Djihartin, keterampilan menolak narkoba diajarkan sebelum anak memasuki usia 9 tahun dan selambat-lambatnya 12 tahun. Remaja merupakan masa transisi dari kana-kanak menjadi dewasa diikuti perubahan fisik, mental, dan sosial. Dengan perubahan ini, remaja sering mengalami ketegangan, perasaan tertekan, keresahan, kebingungan dan frustasi, sehingga berisiko tinggi menyalahgunakan narkoba

Diajarkannya tanggung jawab apa yang dilakukan, perhatian dan juga memberikan kasih sayang dapat mencegah anak terhindar dari pergaulan bebas dan Narkoba. Bila anak paham mengenai tanggung jawab maka mereka akan menghindari hal-hal yang buruk bagi mereka karena akibat yang akan ditimbulkannya.

Semoga bermanfaat..

 

2019-06-26T08:58:52+00:00
Avada WordPress Theme