“Pengeringan” Membuat Makanan Awet Tanpa Bahan Pengawet

Makanan yang mengandung pengawet sudah bisa dipastikan akan bertahan lama. Tapi, tahu gak sih Bun? Makanan yang bebas pengawet pun bisa lho bertahan cukup lama. Yup, caranya dengan melakukan pengeringan makanan.

Konsepnya sederhana, makanan mudah busuk karena ada mikroba, nah sebaliknya makanan akan bertahan lama jika tidak ada pertumbuhan mikroba di dalamnya. Kadar air suatu bahan makanan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan mikroba ini. Keadaan yang lembab akan menyebabkan mikroba lebih cepat tumbuh. Hal ini lah yang membuat pentingnya proses pengeringan pada makanan.

Pengeringan makanan sendiri bertujuan untuk mengeluarkan atau menghilangkan sebagian air dari suatu bahan makanan dengan cara menguapkan air yang dikandungnya hingga mencapai kadar air yang diinginkan.

Terdapat dua metode untuk mengeringkan suatu makanan, pengeringan alami dan buatan. Pengeringan alami bisa menggunakan sinar matahari (sun drying), sedangkan untuk pengeringan buatan dilakukan dengan menggunakan alat seperti dehydrator atau menggunakan oven.

Dilihat dari ketahanan waktu simpannya, makanan yang dikeringkan memang tidak seawet makanan yang sudah diberikan pengawet. Tapi yang pasti, makanan yang dikeringkan jauh lebih aman dibandingkan makanan berpengawet.

2019-03-29T07:10:39+00:00
Avada WordPress Theme